Lokomotif CC205 adalah lokomotif terbaru PT Kereta Api (Persero) buatan General Motors, Ontario, Kanada. Lokomotif CC205 adalah lokomotif terberat Kedua setelah CC 202 di Indonesia yaitu 108 ton. Lokomotif ini dibeli untuk menggantikan beberapa tugas lokomotif CC 202 yang sudah berumur. Dalam hal ini 4 lokomotif CC 202 bisa diganti dengan 2 lokomotif CC 205 Lokomotif ini tiba di Indonesia tepatnya di Provinsi Lampung tanggal 26 September 2011, karena lokomotif ini hanya di khususkan untuk menarik rangkaian kereta pengangkut batubara (Babaranjang) di Divre III Sumatera Selatan.Lokomotif CC205 saat ini menjadi lokomotif berteknologi paling modern di Indonesia.
Lokomotif ini memiliki nomor seri EMD GT38ACe. Artinya adalah: EMD GT38ACe : - G : General Purpose (Untuk segala keperluan) - T : Turbocharger (Dengan turbocharger) - 38 : mesin EMD 710 - 8 silinder (dengan tenaga bisa sampai 3000 HP) - AC : Motor traksi sistem AC-AC
Dengan menggunakan mesin diesel bertipe 8-710G3A , dengan jenis mesin 2 langkah (2 tak)dengan 8 silinder yang sudah dimodifikasi , sehingga tingkat emisi gas buang lebih rendah. Menggunakan sistem rem 26L air brake system
Menggunakan sistem operasi berbasis microprocessor tipe EM2000 yang mengendalikan seluruh fungsi sistem kerja lokomotif. Pengendalian semua komponen yang merupakan subsistem, seperti Motor Diesel, alternator, motor traksi,kompresor, dst. Semua fungsi dan kerja akan direkam dan dapat didownload ke laptop. Sistem juga dapat melakukan self diagnostic bila terjadi gangguan pada lokomotif yang akan direkam dan dapat ditampilkan pada layar monitor, sehingga dapat diketahui penyebab gangguannya.
Mesin Terbaru
Mesin yang digunakan CC205 adalah tipe mesin terbaru dan terbaik buatan EMD Canada dengan tipe 8-710G3A. Mesin ini adalah jenis mesin yang sama digunakan di lokomotif jenis SD60 series, SD70 series, SD80 series, dan SD9043MAC. Mesin ini berbeda dari mesin EMD 567C, EMD 645E, dan juga GE 7FDL-8 karena mesin ini menggunakan teknologi terbaru sehingga membuat mesinnya rendah polusi dan kebisingan. Lokomotif ini bisa menarik lebih dari 30 gerbong.
[sunting]Profil Lokomotif CC205
- Dimensi
- Lebar sepur (track gauge): 1067 mm
- Panjang body: 17678 mm
- Jarak antara alat perangkai: 18942 mm
- Lebar badan (body): 2740 mm
- Tinggi maksimum: 3765 mm
- Jarak gandar: 3870mm
- Jarak antar pivot: 10575 mm
- Diameter roda penggerak: 1067 mm
- Diameter roda idle: -
- Tinggi alat perangkai: 759 mm
- Berat
- Berat kosong: -
- Berat siap: 108 ton
- Berat adhesi: 108 ton
- Motor Diesel
- Tipe: 8-710 G3A, 8 silinder
- Jenis: 2 langkah
- Daya Mesin: 2250 HP
- Daya ke generator/converter: 2000 HP
- Motor Traksi/Converter
- Jumlah motor traksi: 6
- Tipe motor: A2916-8,arus bolak-balik
- Gear ratio: 90 : 17
- Tipe generator: TA12/CA9,arus bolak-balik
- Kinerja
- Kecepatan maksimum: 80 km/jam
- Gaya tarik maksimum (adhesi): 758 Kn
- Kecepatan minimum kontinu: 10,5 km/jam
- Jari-jari lengkung terkecil: 80 m
- Kapasitas
- Bahan bakar: 3800 liter
- Minyak pelumas: 446 liter
- Air pendingin: 908 liter
- Pasir: 283 liter
- Lain-lain
- Sistem rem: Udara tekan 26L
- Tipe kompresor: Gardner Denver WBO
Galeri
Pranala luar
(Indonesia) All About CC205(Indonesia) Alokasi Lokomotif PT. KAI di Indonesia Saat Ini
(Indonesia) Situs web resmi PT Kereta Api Indonesia (Persero)
(Indonesia) lokomotif cc205
(Inggris) Electro-Motive Diesel
Tidak ada komentar:
Posting Komentar